Perlu diketahui Manfaat Harimonting/Kemunting....

Bagikan ke Twitter
Manfaat Harimonting/Kemunting
Hasil gambar untuk manfaat harimonting
Harimonting/Kemunting juga bisa digunakan untuk mengobati sakit perut. Ambillah pucuk daun, lalu direbus dan airnya diminum. Insya Allah sakit perut jadi sembuh.


Khusus bagi kaum ibu yang melahirkan, pucuk daun kemunting bisa digunakan untuk obat selepas bersalin. Lebih baik lagi jika dicampurkan dalam rebusan daun inai, daun hati-hati dan daun jambu. Warga yang telah mencoba, diyakni bisa mengecilkan rahim.


Akar dan daun kemunting juga bisa mengobati keputihan pada wanita. Akar dan daun direbus, kemudian air rebusannya diminum.

Potensi buah kemunting selain untuk konsumsi buah, juga untuk pengobatan. Tentunya layak jika dimasukkan dalam daftar tumbuhan obat keluarga

Kemunting ini serupa dengan kedebik, kemunting adalah jenis tumbuhan perdu dengan tinggi pohon tidak lebih dari dua meter. Bunganya sama-sama merah jambu. Dari kejauhan, orang sering keliru mengira kedebik adalah kemunting. Yang bikin beda, rasa buah kemunting jauh lebih enak.

Di Kabuapten Tobasa, Harimonting ini dapat di jumpai di Kecamatan Silaen, Kecamatan Sigumpar dan mungkin Kecamatan lainnya. Harimonting bisa dimanfaatkan sebagai salah satu holtikultura yang dapat dikembangkan sehingga menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Kabupaten Tobasa.

Subscribe to receive free email updates: