Survei SPIN: Ahok dan Anies Diprediksi ke Putaran 2 Pilgub DKI

Bagikan ke Twitter
Survei SPIN: Ahok dan Anies Diprediksi ke Putaran 2 Pilgub DKI
Liputan6.com, Jakarta - Survey dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei yang menyebut pasangan calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Syaiful Hidayat masih unggul dibanding dua calon lainnya di Pilkada DKI Jakarta. 
Hal itu berdasarkan survei SPIN (Survey & Polling Indonesia) yang dilakukan 5-14 Desember 2016.

Direktur SPIN Igor Dirgantara mengatakan Ahok-Djarot unggul sebesar 31 persen, diikuti Anies-Sandi (27 persen), terakhir Agus-Sylvi (23 persen). Sedangkan warga yang belum menentukan pilihan sebesar 19 persen. 

"Dukungan kepada tiga pasangan calon yang berkompetensi di Pilkada DKI Jakarta pun masih cair sampai saat ini dan cenderung masih bisa berubah," ujar Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (18/12/2016).

Igor mengakui tingkat akseptabilitas terhadap Ahok cenderung menurun. Namun, berdasarkan surveinya Ahok- Djarot masih menjadi figur yang dianggap paling memahami masalah DKI Jakarta. Hal itu berdasarkan dengan prosentase Ahok sebesar 73 persen, dibanding Anies sebesar 40persen atau Agus 33 persen.

"Siapa yang akan lolos, Ahok, siapa yang mengikuti Ahok? ya Anies lebih layak ke babak berikutnya. Anies bisa merepresentasikan semua masyarakat," kata Igor.

Menurutnya pasangan Anies-Sandiaga, saat ini lebih dilihat sebagai sosok yang lebih punya perhatian terhadap warga DKI Jakarta.

"52 persen warga menganggap Anies-Sandiaga lebih mewakili semua lapisan penduduk Jakarta. Sementara di bawahnya ada Ahok-Djarot sebesar 41 persen, dan Agus-Sylvi menyusul sebesar 39 persen.

Menurut Igor, Publik DKI Jakarta masih mengharapkan pemimpin yang memiliki respek, integritas dan mempresentasikan semua lapisan masyarakat Jakarta. "Sanggup menciptakan lapangan pekerjaan dan punya kemampuan memajukan pendidikan bagi warganya," kata Igor.

Menurut Igor, sosok Anies Baswedan memiliki potensi dan peluang untuk dipilih warga DKI Jakarta. "Agus Harimurti punya kesempatan yang sama layaknya Anies sekalipun minim pengalaman," kata Igor.

Survei dilakukan dengan responden 773 menggunakan teknik multistage random sampling. Margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuisioner.

Uji kualitas dilakukan melalui spot check dengan mengambil 20 persen total sampel.





Subscribe to receive free email updates: